Face Wash untuk kulit kering

Halo Beauties!


Dipostingan sebelumnya aku udah bahas tentang kandungan face wash yang cocok untuk kulit wajah yang berminyak. Jadi, kali ini aku mau bahas kandungan face wash yang cocok buat kulit kering atau dry skin.

Kulit kering adalah masalah yang terjadi saat lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak terhidrasi dengan baik. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, bahkan hingga pecah-pecah. Dalam istilah medis,kulit kering disebut juga dengan xerosis.


Beauties, ini adalah penyebab kulit wajah kalian jadi kering, yuk disimak. Mana tahu salah satu diantaranya ada dikalian.

Apa Penyebab Kulit Kering?


Gejala-gejala kulit kering bisa muncul karena beberapa sebab, antara lain:
  • Iritasi
  •  Menggosok kulit
  • Bertambahnya usia
  • Menggosok badan dengan handuk setelah mandi
  • Pemakaian sabun yang salah
  • Perubahan cuaca
  • Mandi uap
  • Kondisi kesehatan tertentu

Setelah tahu penyebab nya, beauties harus lebih hati hati dalam memilih kandungan face wash untuk jenis kulit kering.  Jika beauties salah memilih kandungan sabun pembersih wajah, kulit kalian akan terasa tertarik setelah mencuci muka dan semakin membuat kuliat wajah beauties jadi kering.

Agar kulit wajah beauties tidak semakin kering, disarankan memilih sabun pembersih wajah yang mengandung:


Gliserin

Gliserin (Glycerine)  Menurut artikel lansiran situs kesehatan Healthline, adalah alkohol gula yang diekstrak dari lemak hewan, tumbuhan, atau minyak bumi. Bentuknya berupa cairan bening. Sementara vegetable glycerin biasanya dibuat dari minyak kedelai, kelapa, atau minyak kelapa sawit.


Gliserin bersifat non-toxic dan aman digunakan pada berbagai jenis kulit serta usia. Bayi dan anak-anak yang memiliki jenis kulitsensitif sekalipun bisa tetap aman menggunakan produk dengan kandungan gliserin tanpa perlu khawatir akan adanya efek samping.


Manfaat Gliserin: 

1. Berfungsi mematangkan sel kulit 
2. Memperbaiki struktur kulit berminyak
3. Mengontrol kadar air dikulit
4. Melindungi kulit dari efek buruk lingkungan
5.Mengikat kelembaban kulit secara efektif


Urea

Urea dikenal sebagai keratolitik atau penghancur zat keratin yang terdapat pada kulitUrea bisa meningkatkan kelembapan kulit dengan cara melembutkan lapisan atas kulit. Hal tersebut bisa membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati yang kering atau kasar.

Urea juga bermanfaat untuk membantu mengatasi kondisi kulit kering. Hal ini diperkuat oleh studi yang menyebutkan bahwa urea dapat membantu mengurangi kehilangan air yang membuat kulit menjadi cepat kering.




  • Asam salisilat dan asam glikolat

Asam salisilat dan asam glikolat dianjurkan untuk pemilik kulit berminyak. Tapi jika digunakan oleh pemilik kulit kering, kedua zat ini dapat menyerap minyak yang justru dibutuhkan oleh kulit kering.




Untuk jenis kulit kering beauties harus hindari sabun pembersih wajah  atau face wash yang mengandung:

  • Detergen/SLS (sodium lauryl sulfate)

SLS adalah detergen dan surfaktan anion yang biasa ditemui di tempat-tempat yang menjual produk perawatan tubuh, seperti sabun, shampo, pasta gigi, dll.

SLS merupakan bahan dasar yang dipakai di hampir seluruh sabun mandi yang beredar di pasar. Fungsi utama SLS adalah sebagai pembersih dan untuk membuat busa.


Beauties, Sudah banyak peneliti yang melakukan penelitian terhadap produk kecantikan yang mengandung SLS. Namun, hasilnya membuktikan bahwa kandungan SLS ini aman untuk digunakan di berbagai produk. Namun, Adapun studi yang mengatakan bahwa kandungan SLS ini juga dapat menyebabkan iritasi pada mata.

5 kandungan berbahaya dalam face wash

Walaupun studi sudah memastikan kalau kandungan SLS yang ada dalam face wash beauties, ada baiknya kalain memilih SLES (Sodium Laureth Sulfate) karena SLS ini jauh lebih ringan kadar surfaktannya dan mengurangi iritasi kulit kalian yang kering.


Apabila beauties menggunakan face wash wash dengan kandungan SLES yang terdapat didalamnya, maka kulit wajah kalian akan cepat kering.

  • Alkohol, pewangi tambahan, dan bahan antibakteri

Beauties ,Pilihlah produk bebas alkohol dan pewangi tambahan, karena kedua zat ini membuat kulit semakin kering. Sabun pembersih wajah antibakteri juga tidak dianjurkan bagi pemilik kulit kering karena dapat mengiritasi kulit sehingga memperparah kondisi kulit kering.


Nah,sekarang para beauties sudah tahu kan kandungan apa saja yang cocok dan bermanfaat pada face wash kalian. Ayo, lain kalian kalian jangan malas baca ingredients di face wash kalian ya , biar face wash yang kalian pake itu cocok.



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer